Ternak Ayam Kampung Trend Usaha Indonesia


Ternak ayam, ternak ayam kampung, usaha ternak ayam kampung

Ternak ayam kampung kini menjadi trend usaha ternak di Indonesai. Jadi tidak hanya usaha ayam potong saja. Jenis ayam kampung dulunya hanya dipelihara secara tradisional di Indonesia. Cara ternak yam seperti ini memang sangat mudah. Cara membuat kandang ayamnya pun tidak sulit. Cukup dengan kandang ayam sederhana atau kandang ayam minimalis. Di desa, hampir semua orang kampung memlihara ayam kampung. Biasanya diberi makan sisa-sisa makanan di pagi hari, ada yang diberi pakan pagi dan sore. Ayam kampung yang dipelihara secara tradisional tersebut diumbar atau dilepas, dibiarkan bermain untuk mencari makan sendiri.

Cara ternak ayam kampung masa kini sudah mengalami perkembangan. Jenis ayam kampung sudah tidak hanya diternak secara tradisional. Tetapi sudah benar-benar dijadikan usaha yang menghasilkan uang. Baik itu berupa usaha pokok atau usaha sampingan. Model kandang ayam kampung modern sudah bukan lagi berupa kandang ayam sederhana, tetapi sudah sebagus kandang ayam potong.

Peluang Ternak Ayam Kampung

Peluang ternak ayam kampung cukup menjanjikan. Baik itu berupa usaha ternak ayam kampung petelur atau usaha ayam pedaging. Fakta di masyarakat, daging ayam kampung lebih diminati dibanding ayam broiler. Artinya, ternak ayam kampung lebih berpeluang dibanding bisnis ayam potong. Apalagi saat harga daging ayam naik. Kebutuhan masyarakat akan daging ayam kampung belum bisa dipenuhi, mengingat pertumbuhan ayam ini lebih lambat dari pada ayam sejenis broiler. Namun, sekarang sudah ada ayam kampung super yang bisa dipanen kurang lebih pada usia 40 hari.

Ternak Ayam Kampung Sebagai usaha Pokok

Jika anda beternak ayam kampung sebagai usaha pokok, tentu tidak dianjurkan untuk menerapkan sitem tradisional. Cara diumbar memang memiliki keuntungan irit pakan, namun kelemahannya, ayam menjadi tidak terkontrol kesehatannya, pakannya juga tidak higienis. Untuk usaha pokok, sebaiknya dikandangkan dengan perencanaan yang cukup matang. Buatlah model kandang ayam yang bagus.

Ternak Ayam Kampung Sebagai usaha Sampingan

Ternak ayam kampung sebagai usaha sampingan bisa dengan sistem tradisional. Jadi anda tidak perlu repot menyediakan model kandang ayam yang bagus dan pakan yang banyak. Ayam kampung hanya butuh tempat berteduh pada malam hari. Model kandang minimalis sudah cukup. Tetapi harus aman dari hama pemangsa. Pakan hanya dibutuhkan pagi hari, jika sore hari sudah terlihat kenyang semua, tidak usah diberi pakan pun tidak masalah.

Rahasia Sukses Ternak Ayam Kampung

Sebelum memulai usaha ternak ayam kampung, dalam usaha apapun, siapkan mental: bahwa anda memang benar-benar ingin berbisnis dan sukses. Mulai dari ternak skala kecil dulu. Gali informasi tentang seluk-beluk ternak ayam kampung. Pelajari cara ternak ayam kampung yang baik. Pelajari juga penyakit ayam apa saja yang biasanya menyerang ayam kampung, cari tahu juga obat penyakit ayam yang ampuh. JAngan lupa vaksin. Fokus menentukan arah usaha. Mau usaha petelur atau pedaging.

0 Response to "Ternak Ayam Kampung Trend Usaha Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel