Mari Berdoa Agar Tambah Sukses

اللهم اكفني بحلالك عن حرامك وأغنني بفضلك عمن سواك

(Allahummak fini bihalalika ‘an haramika, waghnini bifadhlika ‘amman siwaka).

Artinya, “Ya Allah, berilah aku kecukupan dengan rezeki yang halal, sehingga aku tidak memerlukan yang haram, dan berilah aku kekayaan dengan karuniamu, sehingga aku tidak memerlukan bantuan orang lain, selain diri-Mu.”

24/07/2014

Tips Beternak Burung Kenari Menuju Sukses

ternak burung kenari, budidaya burung kenari, kenari jantan dan betina
Beternak burung kenari merupakan salah satu usaha yang mengasikkan dan menguntungkan. Peternak bisa menikmati keindahan dan warna burung kenari, serta mendapatkan penghasilan uang dari hasil ternaknya. Tetapi, beternak tanpa pengetahuan sama denan berlari dengan memejam mata. Peternak perlu tahu  usia kenari, jenis kelamin, sarana penunjang ternak dan ilmu tentang ternak sebelum menjalankannya.

Perbedaan kenari jantan dan kenari betina
Peternak harus bisa membedakan kenari jantan dan betina. Meskipun ini tidak wajib, tetapi ini perlu. Ada beberapa ciri yang menunjukkan kenari jantan dan betina. Kenari jantan biasanya lebih ramping dari kenari betina. Mata kenari jantan lurus dengan paruhnya, sementara kenari betina agak keatas. Pada usia satu tahun, kenari jantan lebih suka berkicau, sementara kenari betina banyak diam.

           Baca juga Cara Ternak parkit

Untuk membedakan kenari jantan dan betina di waktu kecil, berikut tanda-tandanya. Pada waktu berusia 3 hari, pembuluh vena pada kenari jantan di bagian sebelah perut turun menujuu dubur. Pada kenari betina tidak nampak. Sebelum tumbuh bulu, kepala kenari jantan lebih pipih dan lebih panjang. Sementara kepala kenari betina lebih bulat. Pada waktu sudah bias melompat, anakan kenari jantan dapat melompat lebih jauh.

Usia kenari yang ideal untuk diternak
Usia kenari yang ideal untuk diternak yakni saat mereka sudah siap untuk kawin atau sudah birahi. Kenari betina biasanya pada usia 6 bulan, sementara usia kenari jantan 8 bulan. Jenis Yorshire berbeda dengan jenis kenari lainnya, jenis ini biasanya baru siap kawin pada usia 1 tahun, lebih lama dari yang lainnya.

Proses perjodohan burung kenari
Proses perjodohan burung kenari tidak sembarangan. Tidak semuau kenari betina cocok dengan kenari jantan. Jika tidak cocok, keduanya akan berkelahi. Jika kenari jantan kalah, maka bisa menyebabkan kenari jantan tersebut trauma untuk mendekati betina lagi.

Sebaiknya letakkan dulu di sangkar atau kandang yang sudah diberi sekat, atau dua sangkar yang berdekatan. Ini dilakukan untuk mengetahui kecocokan kenari tersebut. Untuk menambah birahi, isa dijemur setiap pagi selama kurang lebih 2 jam (jam 8-10 pagi). Bisa lebih dari satu pejantan agar si betina lebih birahi. Jika sudah ketahuan cocok, maka bias disatukan.

Proses pengeraman telur kenari


jika sudah kawin, maka bias disediakan serabut kelapa, atau dibuatkan sarang sekalian. Jika kenari jantan agresif, sebaiknya dipisah saat kenari betina mengeram. Pengeraman biasanya berlangsung selama 12 hari. Untuk menjaga suhu kandang, bisa disediakan lampu bohlam.

15/07/2014

Teknik Pemeliharaan Ayam Kampung Yang Baik

Ternak ayam kampung, teknik pemeliharaan ayam kampung, usaha ayam kampung
Jenis ayam yang pertama kali saya kenal adalah ayam kampung. Ayam ini meskipun bukan jenis hewan kesayangan seperti anjing, kucing, atau burung, tapi kehidupannya di kampung begitu dekat dengan manusia. Bahkan hampir tidak ada rumah tanpa ayam kampung. Sebenarnya ayam kampung memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan bisa diandalkan menjadi sumber ekonomi. Tetapi, karena kebanyakan orang memelihara tanpa manajemen yang bagus, hasilnya pun seadanya. Mereka memelihara ayam kampung dengan system umbaran, sehingga penyakit sulit dikontrol. Mungkin pakan memang lebih irit.

Pemeliharaan ayam kampung lebih efektif jika dikandangkan, sehingga kesehatannya mudah dikontrol, begitu menurut Prof Edjeng Suprijatna. Apalagi penyakit tahunan seringkali menyerang secara sporadis. Dengan dikandangkan angka kematian bisa ditekan. Pencegahan dan penanganan bisa segera dilakukan dengan mudah. Peternak bisa cepat mengetahui gejalanya.

Beberapa kebiasaan buruk ayam kampung juga sulit dikendalikan jika diumbar, misalnya, kebiasaan mengeram. Ini memang secara alamiah sudah menjadi takdirnya, tapi jika dibiarkan, tentu akan merugikan peternak. Ayam kampung mengeram selama 21 hari lalu dilanjutkan merawat anaknya. Selama itu juga produksi telur berhenti.

Kebiasaan buruk lainnya adalah kanibal. Jika kekurangan pakan, ayam kampung juga suka memakan telurnya. Hal ini akan lebih mudah dikontrol jika berada di kandang. Sifat buruk ayam kampung lainnya adalah sifat agresif menyerang ayam lain. Jika diumbar, ini sulit diatasi. Dengan dikandangkan, hal ini bisa diatasi dengan mengurangi kepadatan populasi kandang, membuat kandang tidak terlalu terang, menggunakan ransum dengan serat kasar tinggi.

Prof Ejeng menyarankan sebaiknya usaha peternakan ayam lokal dijadikan usaha agribisnis, bukan hanya usaha mengunakan teknologi tradisional. Menurutnya, usaha telur dan daging sebaiknya juga harus dipisah.

Usaha apapun jika dilakukan dengan manajemen yang buruk, hasilnya juga tidak baik. Begitu juga dengan usaha ternak ayam kampung. Tidak mustahil usaha ternak ayam kampung akan menjadi sumber penghasilan yang luar biasa bagi masyarakat, bahkan dapat menjadi komoditas ekspor. Semoga sukses para pengusaha ternak, terutama peternak ayam kampung.

B-SHIELD: Meningkatkan Ketahanan Tubuh Unggas

B-SHIELD merupakan kombinasi 3 komponen pertahanan (Mannan Oligosaccharides, Beta Glucans, danChitosan) yang diperlukan unggas dan burung untuk meningkatkan ketahanan terhadap beberapa agen pathogen dan mikotoksin.

kesehatan ternak, B-shield untuk ternak, suplement ternak

Fungsi B-SHIELD: 
  • Meningkatkan fungsi pertahanan (imunitas) pada unggas dan burung.
  • Menghambat pertumbuhan bakteri pathogen terutama Salmonella dan E.coli.
  • Mengikat mikotoksin yang terbentuk selama proses penyimpanan pakan.
  • Menjaga dan memelihara vili usus untuk penyerapan nutrisi yang optimal.
  • Mengembalikan keseimbangan mikroflora saluran pencernaan.

Waktu yang tepat untuk pemakaian B-SHIELD:
  • Ketika Anda memberikan pakan dengan kualitas rendah, lama dalam gudang penyimpanan, tengik, berjamur, atau Anda tidak yakin dengan kualitas pakan yang Anda berikan.
  • Ketika air minum yang Anda berikan kurang berkualitas, berasal dari sumur dengan kedalaman kurang dari 10 meter, dekat dengan pemukiman atau persawahan yang dipupuk dengan pupuk kimia, atau Anda kurang yakin dengan kualitas air yang Anda berikan.
  • Ketika cuaca terlalu panas atau terlalu dingin, setelah pemberian antibiotika atau obat-obatan lain, dan Anda melihat kotoran ayam dan bau kandang menjadi tidak wajar  (lembek, berwarna kehitaman, bau menyengat, dll).

Aplikasi B-SHIELD:

1 ml per 2-4 liter air minum, diberikan 2 kali seminggu.

Berikan lebih sering pada kondisi rawan penyakit.

Kocok dengan kuat sebelum digunakan!! Dapat digunakan bersama Top GROW.

Volume: 500 ml/ botol

1 botol untuk 1000 ekor ayam. 

Harga    : Rp 45.000 

HP 081578729803