Ternak Kambing Multi Hasil


Ternak Kambing Multi Hasil

Budidaya kambing merupakan investasi cukup menguntungkan. Tak butuh modal terlalu mahal jika dibanding dengan hewan ruminan lainnya. Permintaan daging kambing internasional meningkat. Namun, sebelum memulai usaha peternakan kambing, perencanaan usaha ternak kambing yang akan anda jalankan harus dilakukann dengan matang. Langsung action memang jurus manjur untuk menjadi pengusaha, tapi bukan berarti ngawur. Pelajari dulu cara ternak kambing yang baik. Ilmu cara beternak kambing bisa anda pelajari di buku, YouTube, atau kepada para peternak senior di komunitas ternak kambing.

Hal pertama yang perlu anda perhatikan sebelum memulai usaha budidaya kambing adalah pasar. Permintaan di tingkat internasional memang meningkat, tapi apa anda langsung sanggup memenuhi permintaan pasar internasional? Tentu mulai satu langkah dulu, kalaupun melompat paling jauh 3-4 langkah saja.

Baca juga: Pakan Fermentasi Untuk Kambing

Usaha peternakan kambing bisa menghasilkan beberapa produk. Jadi anda bisa mempertimbangkan jenis kambing apa yang hendak anda ternakkan. Apa kambing jawa, atau kambing gibas, kambing kacang, atau mau ternak kambing etawa, atau ternak domba. Masing-masing jenis kambing memiliki kelebihan tersendiri sesuai keinginan anda, sesuai pasar juga tentunya.

1) Daging kambing

Daging merupakan produk yang dihasilkan semua hewan ternak kambing. Semua kambing pasti ada dagingnya. Namun, tidak semua jenis kambing memproduksi daging yang bagus. Kambing Boer merupakan salah satu kambing yang bagus produksi dagingya, jenis lainnya seperti kambing kacang kambing angora, kambing achondroplastik, kambing bari, kambing benggala hitam, kambing bligon kambing creolo kambing gaddi, kambing kashmir kambing kerdil dan cina selatan kambing kecil afrika timur kambing mexico, kambing sahel kambing salt range, kambing sirli, kambing somali, kambing spanish (spanyol).

Permintaan daging dunia terus meningkat. Diberitakan bahwa 70% konsumen daging mengkonsumsi daging kambing. Bisa dibayangkan, betapa besarnya pasar daging kambing di tingkat dunia. Bolehlah bermimpi untuk memenuhinya agar uang yang anda dapatkan dari usaha peternakan kambing cukup lumayan.

2) Susu kambing

Untuk ternak kambing perah ketersediaan hijauan merupakan hal yang sangat penting diperhatikan agar produksi susunya bagus.

Susu juga merupakan produksi kambing yang tak kalah menguntungkan dan bahkan lebih intens pemasukannya. Susu kambing kaya akan nutrisi sehingga sangat dibutuhkan. Ternak kambing perah (penghasil susu) juga bisa menjadi solusi modal untuk usaha ternak penggemukan kambing. Sambil menunggu kambing yang digemukkan besar, anda bisa langsung menikmati penghasilan dari penjualan susu kambing anda. Jenis kambing yang dibudidayakan untuk produksi susu biasanya kambing etawa.

Untuk memulai, perhatikan dulu pasar susu kambing di sekitar anda. Anda perlu memperhitungkan biaya produksinya juga. Jenis kambing penghasil susu seperti kambing saanen, kambing etawa, kambing alpines, kambing hitam anatolia, kambing anglo nubian, kambing appenzel,

3) Kulit kambing

Kulit kambing juga laris di pasaran. Tentu ini juga cukup menguntungkan. Berarti anda juga perlu jualan daging kambing. Tidak mungkin hanya jual kulitnya saja seperti ternak kambing perah. Anda juga perlu mempertimbangkan

Itulah sekilas tentang peluang usaha budidaya kambing yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

0 Response to "Ternak Kambing Multi Hasil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel