Makanan Untuk Ternak Domba

Domba menyukai hampir semua jenis pakan. Hewan ini lebih mampu bertahan dibanding hewan rumahan lainnya karena tidak pilih-pilih makanan. Domba mau makan daunan yang berkualitas rendah saat keterseiaan makanan minim. Bahkan domba mampu bertahan hanya dengan makan jagung atau biji-bijian lainnya. Bahkan anda bisa hanya memberi jagung dan biji-bijian untuk domba pedaging. Namun, domba lebih suka rumput dan hijauan dibanding biji-bijian. Domba lebih suka mencari makan sendiri di tanah lapang dibanding makan dikandang. Domba menyukai rumput-rumput kecil dibanding yang tebal dan panjang. Hewan ini memang tidak seperti kambing yang suka mencari beragam makanan. Domba bahkan mau makan sisa-sisa pakan.

Manajemen pakan domba,


Manajemen pakan domba tidak beda dengan kambing. Domba membutuhkan lebih banyak serat daripada biji-bijian. Beberapa peternak domba bahkan hanya memberinya makanan berserat saja. Domba menyukai ragam hijauan baik dalam kondisi segar atau dijemur dulu. Untuk biji-bijian domba lebih menyukai gandum.

Anak domba yang baru lahir membutuhkan air susu induknya, lama menyusui biasanyay tergantung berat anakan tersebut. Seperti anak kambing, biasanya hingga mencapai berat 4-5 kg. Setelah itu anakn domba akan mencari makan sendiri seperti induknya.

Domba yang habis melahirkan membutuhkan makanan berupa biji-bijian lebih banyak dibanding ketika sedang hamil. Sediakanlah makanan berupa biji-bijian lebih banyak dibanding daunan atau rumput. Berilah 200-250 gr biji-bijian secara rutin setiap harinya.

Itulah sekilas tentang manajemen pakan domba. Jika anda tertarik untuk memberi pakan fermentasi, bisa anda buat dengan menggunakan bahan Ragi Tape Jerami. (sumber: roysfarm)

0 Response to "Makanan Untuk Ternak Domba"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel